Minggu, 27 September 2015

Terlanjur cinta dengan LOMBOK

Tidak ada kata lelah untuk membanggakan pulau cantik ini. Tahun 2015 ini saya berkesempatan kembali melihat lombok dari berbagai sisi, walau belum semua tempat saya kunjungi, tapi pulau ini sukses menghanguskan tiket kereta yang sudah saya pesan di pulau jawa karena berat hati saya meninggalkan pulau cantik ini.

Pulau eksotis ini memiliki karakteristik yang berbeda dari pulau lainnya, satu hari saya di selatan disuguhkan dengan hamparan bukit rumput yang gersang dengannpaduan warna air yang biru dan ombak yang menantang (karena saya datang di musim kemarau). Satu hari berikutnya saya habiskan diUtara di suguhkan dengan hutan lebat dan banyak perkebunan begitu suburnya lombok utara ini, membuat saya terkagum kagum pulau ini melengkapi satu sisi ke sisi yang lainnya, begitu sempurnanya pulau cantik ini, sektor pertanian yang sangat produktif, pariwisata yang sangat menjanjikan dan yang paling utama hebatnya pengetahuan masyarakat lokal akan alamnya.

Ketika saya main ke Senaru, sepanjang jalan menuju Senaru saya berada ditepian pantai utara Lombok, di sisi berlawanan saya di suguhkan dengan Gunung Rinjani, tak habis fikir bagi saya... Suku Bayan ini memiliki pengetahuan tentang gunung dan laut. Ini yang membuat saya kagum dengan masyarkat lombok, suku sasak yang tetap menjaga ke arifan lokal, masyarakat lombok yang sangat mencintai alamnya, bahkan tak sungkan untuk bercerita tentang semua alam yang mereka miliki.

Tahun ini di Lombok  saya bertemu dengan banyak orang yang mengajarkan banyak hal, manginap di tempat berbeda setiap malam, bercerita tentang lombok, menikmati makanan makanan lombok. semua ini menjadi pengalaman berharga ketika saya menemukan keluarga di lombok dan saya menyadari dalam diri saya bahwa saya mencintai Pulau 1000 Masjid ini.

Kamis, 21 Agustus 2014

Walk alone doesn't mean I'm forever alone.

19 tahun... Angka yang selalu gue ingat di dalam otak gue setiap kali gue mau nutup mata buat menghayal. Apa yang harus gue lakuin di umur yang ke 19 ini. Ada ide buat naik ke 3 gunung berbeda dalam satu trip. Tapi ada ide yang lebih fantastis yang terlintas di otak sebuah wacana yang berubah jadi rencana. Terlintas di kepala untuk pergi ke Rinjani. Tapi... Mencari orang yang bener niat untuk melakukan perjalanan jauh itu sulit, mulai dari masalah budget, waktu, bahkan... Izin orang tua atau... jadwal kantor mereka. Kalo nunggu mereka gue sia-siain umur 19 tahun gue ini. Ngak ada kata ngak. Ada atau ngak ada kawan harus berangkat, toh banyak juga yang akan naik ke rinjani.

Tapi gue ngak forever alone, gue buka forum BPI dan menemukan ajakan untuk pergi ke Rinjani. Mungkin karena terbiasa jalan ke satu gunung dan ke gunung lainnya dengan orang berbeda beda jadi gue nyaman nyaman aja dengan semuanya. Gue jadi orang ke 7 yang gabung dengan mereka, namun satu orang batalin diri dan akhirnya kami berangkat ber6 ke Rinjani.

Ngak ada rasa takut atau curiga dengan orang orang yang baru gue kenal ini, bagi gue kalo kita baik ke orang lain, tuhan akan mempermudah segala urusan kita.

Di umur 19 tahun ini gue melakukan perjalanan sendirian dengan orang yang baru gue kenal, 5 orang sahabat baru yang menemani gue ke rinjani, 10 orang baru yang menemani gue di lombok dan rumah singgah, 4 orang sahabat baru yang nolongin gue di Jogja. Total ada 19 teman baru dari berbagai kota yang menjadi sahabat baru buat gue.

5 orang yang menemani ke rinjani

5 orang yang menemani gue di Rinjani ada mba mei tepat di samping gue, bang sofyan yang paling pengayomi dan paling jagain gue, mas didik, mba ayi dan mas aji. Mereka 5 orang yang menemani di perjalanan rinjani.

Kemudian ada 9 orang temen baru yang nemenin jalan jalan kemana pun di lombok walau baru kenal tapi kita klopnya bukan main.

Ini foto kita rame rame di pantai semeti. Disini ada mas ipul! Aih I lop you pull mas! Kalo ga ada dia kita ngak mungkin bisa nemuin pantai kayak gini. Dia orang asli lombok, dan perkenalan gue dengan dia????? Ah jangan deh jangan di jelasin, ini yang gue bilang tadi "tuhan pasti mempermudah jalan bagi hambanya yang selalu tulus dan ikhlas" . Lalu ada mas nanang~, mba anggi dan kakaknya mas reza, mendi, vina, yudi, terus 2 orang dari makassar yang kuliah di semarang Afrizal dan lupa satu lagi namanya haha. Mereka bener bener best part of Lombok banget buat gue. Disini ada sembilan orang dan satunya lagi orang yang paling!!!!!!!! Bikin gue ngerasa punya rumah di lombok!

Mamak!!! Buat mereka yang jadi backpacker mungkin ngak asing dengan mamak, orang yang paling tulus... In 2014 masih ada orang yang buka lebar rumahnya buat orang orang baru yang mereka ngak kenal, bersedia bantu kami para pendatang di lombok, dan kalo bisa di nobatkan sebagai mentri pariwisata atau! Duta pariwisata lombok gue akan nobatkan paling pertama! Keluarga mereka tulus ngejalanin semuanya, keluarga mereka ngak mengharap imbalan, dan gue lagi lagi menjadi orang yang beruntung bisa menyempatkan hari yang gue punya di tahun 2014 dan di umur gue yang ke 19 bercengkrama dengan keluarga mamak. And my mom said "dek mama kalo jadi mamak pasti pusing liat orang keluar masuk, ajak mama kalo kelombok mama pengen ketemu sama mamak" someday gue akan bawa mama buat nginep di rumah singgah backpacker lombok."

And last!!! 4 pemuda yang tinggal di jogja. gue bener bener ngak ada rasa takut di antara mereka walau pertemuan kita ngak di rencanain buat gue mereka itu orang yg baik di liat dari first impression mereka. Kalo di fikir fikir gue ini gila ya, langsung sms orang dari forum bpi dan di jemput lalu ke kontrakan mereka dan tidur disana, buat sebagian orang apa lagi cewe bakal mikir aneh aneh. Tapi pas liat mereka gue yakin mereka ini orang baik.

Disini ada 4 bujang riau yang merantau ke jogja, ada wibby, dan 3 kawannya. Mereka welcome bgt sama cewe yg dateng tiba tiba yang belum mandi muka udah gosong ke bakar kaya gue, mereka dateng gue kayak liat malaikat di medan perang disaat semua udah ga ada arah dan tujuan lalu mereka datang, serasa ada sepercik kehidupan tau ga disini. Gue berterimakasih banget sama mereka sudah di beri atap dan bahkan kasur untuk tidur.

Solo backpacker atau jalan traveling sendirian bergabung dengan orang orang baru sebuah pengalaman dan kesempatan berharga buat gue, sebenernya puluhan orang baru yg gue kenal selama perjalanan ini tapi gue menobatkan 19 orang yang paling berkesan selama perjalanan gue dari pulau jawa sampai pulau 1000 masjid ini.

So last.... God!!! Thank you for all of the people that I met along my journey.

Selasa, 22 Juli 2014

ini bukan mountain sickness ini juga bukan hipotermia

setelah hampir 2 bulan gue ngak naik gunung karena ada sesuatu yang belum ke ungkap, aakhirnya gue buka laptop dan mencari atikel yang bisa jawab rasa penasaran gue itu, tapi entah kenapa ngaka ada semua.

berawal dari pendakian gue sama Geng Lepo, semua berjalan normal dan biasa aja. dari mulai naik dan turun. semua berjalan layaknya pendakian pada umumnya. gue ber 15 naik gunung waktu itu, kita memutuskan untuk turun jam 9 siang setelah semua selesai makan dab beres beres, cuma butuh waktu 3 jam buat nurunin bukit itu.

Jonny yang ngambek gara gara kita jalan lama memutuskan untuk lari duluan ke basecamp karena dia NABOK (nahan BOK*R) tapi gue takut dia kenapa napa akhirnya gue bilang ke wahyu buat ngejar jonny, temenin dia sampe bawah. gue yang tadinya jadi regu paling depan jadi group ke 2 yang sampai di basecamp (rumah mas Ato). gue turun cuma berdua sama diego siang itu, yang lain masih di atas dan ga tau kenapa lama banget, karena gue ber-15 gue sengaja biar sampe duluan dan bisa mandi biar ngak ngantri.

selang satu jam semua rombongan satu persatu dateng, di rumah mas ato kita udah disiapin makan, ngak pake malu gue langsung hajar makanan makanan itu semua. karena kita mau lanjut muterin dieng sore itu. jadi gue mau siap siap duluan dan nyiapin mobil yang bakal kita pake naninya. gue lagi makan dan sampe lah MOK MOK .

"mok makan lah sini, abis itu kita mandi" tapi mok mok nolak ajakan gue, seperti biasa cerita apa yang mereka alami pas turun td dan ngakak semuanya, semua masih normal. sampe akhinya gue mandi kemudian di lanjutkan nopi, dan 2 cowo dari bandung yang juga mandi pake air panas. kemudian Mokmok mandi.....................

lama banget..............

lebih dari 1 jam..........................

terus disusul uli kesana karena jarak kamar mandinya cukup jauh, sampe akhirya................

"eh mok mok pingsan!!!!!!!!!!!!!!"

gue yang lagi makan nasi untuk ronde ke3 langsung lari ke mok mok. dalam hati gue masih tenang, karena mungkin pingsan biasa dan mok mok belum makan.

tapi pas gue liat keadaannya..............

ini bukan pingsan biasa. temen temen gue nangis semua yang cewe. gue ga tau apa yang harus gue lakuin ketika gue liat temen gue yang selalu ketawa terbahak bahak harus dalam posisi kaya gitu.

mukanya pucet banget, bibirnya antara ungu dan pucar kaya lebam, keluar busa, nafasnya kaya ngorok. badannya di tutupin 5 selimut tebal. gue cuma bisa buka mata dia dan ngelap busa yang keluar dari matanya, tangan gue gemeter, nangis pun ngak bisa.

yang ada di benak gue cuma....

gue pulang bawa temen dengan kondisi kaya gini.

gue keinget waktu gue tendaan berduan samatravel mate gue, nafas sesak ngak beraturan, ternyata yang gue butuhin cuma buka tenda karena oxygen kurang. makanya sebelum berangkat gue udah bialang ke anak anak untuk beli oxygen, dan pas banget, dalam ke adaan kaya gini gue minta temen gue untuk ambil oxygen yang kita bawa. dengan tangan gemeter gue gue taro di atas mulutnya dan gue pencet selama 5 detik perlahan busa yang gue lap tadi ngak muncul lagi, suara nafas yang td ngorok udah ilang nafasnya normal kaya orang tidur.

temen gue yang cowo dari awal tau mok mok pingsan dengan keadaan kaya gitu berinisiatif buat ke basecamp minta ambil cariin mobil dan pertolongan buat di anter ke RS terdekat. setelah nafas kembali normal. orang basecamp datang dan lanhgsung berusaha bikin mok mok sadar. setelah mok mok sadar dan nagis kenceng banget, gue makein baju ke mok mok karena posisinya dia jatoh dari kamar mandi dalam keadaan naked. setelah sema di siapin, tandu dll, gue duduk dan ngobrol dengen pendaki yang nolongin mok mok .

ternyata gue baru tau mok mok jatuh di kamar mandi dalam keadaan tanpa busana dan langusng ngorok kaya td, lama dia dengan keadaan kaya gitu di kamar mandi samoe akhirya pendaki itu sadar kalo ada yang ga beres dan di dobrak, mungkin karena jatuh kedinginan iu yang bikin dia jadi kedinginan, karena suhu air disana cukup dingin.

di mobil menuju rs gue terus manggilin mok mok biar dia tetep sadar, di mobil temen temen dari patak banteng bang Pii selalu bikin lelucon yang bikin gue ngakak, dan pas sampe RS keajaiban tuhan dari keadaan yang udah biin gue hopeless, mok mok udah langsung duduk dan bercanda lagi sama gue. begitu pula pas perjalanan ke kerumah mas ato, semuanya bercanda saling bergurau. anak anak yang lain nyambut mok mok dengan ledekan biar suasana ngak tegang, walau pas mok mok lagi aya gitu yang lain ngejalanin tugasnya, yang ada di rumah semua berdoa buat kesembuhan mok mok.

sumpah ngak di sangka banget tiba tiba dia nomal kembali. dan yang di inget tadi cuma "gue ngerasa ada bau syif yang bikin gue jadi pusing dan ngak inget apa apa lagi" gue beranggapan kalo bau itu adalah bau dari gas yang keluar dari water heater yang ada di kamar mandi itu. dan itu juga pertama kalinya mok mok pingsan.

setelah kejadian kita, selang seminggu ada orang meninggal untuk pertama kalinya di prau, pas gue baca kejadiannya hampir sama sama apa yang di alami mok mok. gue langsung nangis bacanya di twitter dan langsung bilang ke mok mok berita itu.

mok mok bilang "kalo ga ada kalian gue ga tau gue gimana, kalian tuh temen temen anugrah yang di kasih tuhan buat gue , susah seneng bareng"

alhamdulillah kita jalan lengkap full team, pulang pun full team :)

Friends of happiness

Well... Gue mau cerita sedikit soal orang orang di belakang yang ngebantu gue dalam membuat jati diri. Pembentukan karakter seseorang itu di dasari oleh lingkungan mereka masing masing dan ngak ketinggalan gue. Pembentukan karakter gue yg sekarang kurang lebih karena orang orang dibawah ini.

Di awali dengan kedua orang tua gue yg berlatar belakang berbeda jadi kombinasi manis buat gue sekarang, ayah yang suka banget sama outdoor activity dan mama yang sukanya di rumah ngurus anak dan dalam akan agama. Dan orang tua gue mengkombinasikan keduanya kegue. Walau di awal perjalanan gue memulai hobbi ini gampang gampang susah untuk dapet izinnya. But mom dad you know what I mean by this hobby! Sampai akhirnya gue ngasih foto gue di atas gunung dan mama gue bilang "mama lebih suka ade kaya gitu di banding ade main billiard keluyuran ga jelas di jakarta" oke lampu hijau dari orang tua.

Gue mengenal orang orang baru di setiap trip yg gue jalani, friends of happiness itu ngak cuma pas lagi happy! Melakukan sebuah perjalanan itu artinya lo harus nerima susah senengnya selama perjalanan dan karena itu ngak mudah lo nemuin orang yang bener bener punya komitment tinggi saat di perjalanan. Mengenal orang baru jalan dengan orang yang lo belum tau mereka gimana. Ini yang disebut feelings. Menomer duakan logika yg sulit di terima ketika lo memutuskan jalan dengan orang orang yang belum lo tau bibit bebet bobotnya.

Makanya pas gue mau jalan sama orang yg baru gue kenal logika temen temen gue bilang "lo ga takut di apa apain? Lo kehutan loh" out out out! Gue buang jauh jauh pertanyaan kaya gitu. Karena feelings gue kuat ke mereka.

Lets see!

Agustus tahun lalu gue jalan dengan orang orang yang baru gue kenal. Mereka menamakan diri sebagai "pasukan nying nying" dan gue sudah di nobatkan sebagai one of this group member.

Di @psknyingnying ini gue pergi ke semeru dan sempu. Mereka? Penilaian gue mereka good at management! Pinter memanfaatkan waktu, jalan sama mereka sebuah pengalaman berharga yang ga pernah akan gue lupain, disini ada Ka inndy, harda, awang, fajar, aco, bang ganu, aris, ega, rama, yogo, dito, afif dan rambe, mereka keluarga baru yang gue temuin. Komitmen mereka kuat buat perjalanan, walau di tengah jalan ada cek coknya tapi gue ngerasa kalo mereka kompak. Perselisihan di perjalanan itu hal biasa, cuma butuh kedewasaannya aja.  Sampe sekarang silahturahmi komunikasi masih terjalin alhamdulillah...

Next ada my travel mate!!!! Cihuy gue ga mau naro nama dia disini. Dia orang yang paling enjoy dalam ngejalanin sesuatu. Buat gue dia orang yang paling cocok sama gue sewaktu di perjalanan. First he can safe me, second, he can bring my tent! Haha yaudah lah ya.... dia orang yang paling komit sewaktu di perjalanan. Saking komitnya kalo ngajak jalan itu selalu dadakan ! Bikin kalang kabut buat packingnya! Nahloh....

There he is!

Tapi gue ga tau kapan bisa jalan lagi sama dia.

Last! My best friend! Geng Lepo!!!! Lepo di ambil pas kita trip ke pulau 1000 terus nelayan sana selalu ngingetin kita kalo hati hati sama ikan lepo! Lepo tuh ikannya ngikutin arus, ga pernah mangsa, tapi sekali di ganggu kena tusukannya, kaki bengkak dan cenut cenut, lepo juga bukan ikan hias, ikannya jelekkk banget, ya sama sama tingkah laku kita, biar jelek tuhan pasti ada maksud nyiptain ikan itu. So... They all partner in crime! Temen cabut kampus! Temen olahraga bareng! Nongkrong sama mereka ga akan ada abisnya!!!

Di lepo ada Cintya (mokmok), Ulli (mancay), diego (caur) , Opi, mute, pepet, wahyu, jony, ucok, ammar, cakra, ryo, kong buyung! Mereka ini kalo di bawah idiot semua, tapi pas naik gunung semua normal otaknya! Yg bikin terharu itu jonny pas kita naik dia orang yg paling support mok mok , kalo kata mok mok kita itu anugrah yang di kasih tuhan buat dia, later gue akan cerita kenapa kita anugrah buat mereka.

So! Nyari temen dalam duka ketika perjalanan akan jadi sebuah cerita indah ketika kita udah melewati masa masa itu! Sekali lagi. Mencari temen yang berkomitment tinggi itu gampang gampang susah! So keep your friendship while you can !

Rabu, 21 Mei 2014

My gear riview

mau riview aja personal Gear yang biasa gue pake kalo jalan, lebih tepatnya kalo gue mendaki gunung sih. gue biasa bawa perlengkapan ke gunung itu banyak banget, bahkan kadang gue ga muat bawanya harus nitip ke tas temen atau sharing ke yang lain, ini baru sebagian yang gue punya, masih banyak lagi tapi ini yang lagi stay di kamar gue buat malam ini, tapi gue bakal riview semuanya.

1. Sleeping Bag Avtech type 0663

Sleeping Bag atau biasa di singkat SB gue pake avtech dengan warna UNGU!!! bahanya terbuat dari Dacroon, dalemnya ngak polar. kenapa gue pilih SB ini? well... gue jatuh cinta dari warnanya. selain itu sleeping bag ini kalo dalam keadaan ujan atau lembab dia ngak ngaruh ke dalemnya maksudnya dia ngak nyerap air kaya polar, jadi ngak berat pas lo packing lagi, juga ini cepet kering. jadi buat cuaca lebab ini sangat di anjurkan! sleeping bag ini juga pernah gue bawa ke Pulau, pas lo tidur di pulau yang biasanya panas, ini sleeping bag bisa nyesuain banget, jadi bentuknya yang rada ada celah gitu jadi bisa nyesuain, dan saat udara dingin cocok banget, ini sleeping bag juga pernah gue bawa ke semeru. gue ga bisa pinah kelain hati kalo buat cuaca di Indonesia dengan sleeping bag ini.

2. Sepatu Hi-Tech

gue punya dua sepatu yang ke dua columbia cuma gue ga suka sama bentuknya, sama sama warna abu abu Ungu sih, cuma gue lebih cocok pake yang Hi-Tech ini, lebih nyaman, alasnya juga lebih bergerigi, jadi di pakenya buat tanah yang ngak beraturan ini cocok banget, juga buat pendaki cewe ini sangat di anjurkan dari segi warna hehe, tergantung selera sih, cuma kalo buat trekking ini pas banget, hargaya juga ga mahal mahal banget kok. buat saat ini next impian gue itu beli TNF warna abu abu ungu juga. tapi ? mahal banget cyn!!!!

3. sendal gunung REI

untuk sendal gue sih fine fine aja udah setahun lebih ngak rusak, ya gue makanya juga kalo gue naik gunung doang atau traveling sih. kalo buat di jkarta gue langsung simpen dana gue masukin ke box lagi. jadi gue rawat kali ya jadi tahan, tapi aseli ini sendal kuat banget, cuma gue ga suknya dari bentuk depannya kalo di pake jalan itu sakit banget kurang nyaman kalo buat di pake jalan jauh, gue malah lebih sering bawa sendal suwalow gue. lebih asik cyn.

4. Jas Ponco Ice Hardwear

tadaaaa ini yang paling gue suka dari jas ujan gue, kalo orang orang packing jas ujan sampe gede banget, jas ujan gue ini cuma segede kantong kaca mata!!! packingnya simple, warnanya ungu dan serbaguna!!!! lo bisa jadiin flysheet! bisa di jadiin alas pas masak masak, bisa di jadiin jas ujan tentunya, dan yang penting bisa di pake kalo musin ujan di jakarta, masuk tas simple, taro jok motor simple, ini barang sering banget gue pake!!!

5. Carrier Deuter Act Lite 35 + 10.

pertama beli tas ini gue mentingin kekuatan yang bakal gue bawa, banyak yang lebih besar dari ini, cuma gue tau kemampuan gue jadi gue bawa tas yang segede ini aja, tas ini TOP MAR KOTOP. selalu menemani trek MDPL gue, nemenin gue traveing kemana pun dan dimana pun ! ya pada tau semua kan kualitas deuter itu ngak bikin rugi, biar duit yg keluar gede tapi setara dengan apa yang kita dapetin, ga rugi ngeluarin duit buat deuter mah. gue saranin kalo lo emang niat lo beli deh deuter!

6. Daypack Consina Lebani

dari awal gue beli sampe saat ini gue ga pernah pake, gue selalu kasih ke temen gue buat bawa tas ini jadi gue ga tau deh ini tas gimana.

7. Tenda Coleman 5-6 P

Tenda ini gede banget, gagah banget, tapi...... packingnya berat banget, ini tenda bisa muat 6 orang walau seharusnya buat 4-5 sih, cuma ini tenda gede banget aseli!!! buat harag ya lumayan lah ya coleman, tapi sebanding kok pastinya, flysheetnya juga berguna banget kok bisa lo bawa ke pantai atau kemana pun yang lo mau, asal rame rame ngak berat ini bisa di bagi bagi buat bebannya.

8. Tenda Consina Superlight2

ini termasuk barang kesayangan gue juga, tenda ini ga ada yang boleh make selain gue dan Travel Mate gu, gue beli tenda ini dengan harga 485k. tenda ini ? buat ber 2 tapi ? ber 3 muat, dalemnya gede banget, bentuknya juga lucu, beratnya ??? jangan tanya, ini cocok banget buat yang seneng jalan berduaan sama travel matenya, ngak berat sama sekali !!! tenda ini lagi melucur ke Semeru sama travel mate gue, doi sendirian ke semeru, makanya gue suruh bawa tenda ini, jadwal gue bentrok jadi ga bisa barengan jalan.

9. Kompor consina

ini juga barang simple, cocok buat yang seneng naik gunung packingnya kecil, yang baisa bawa kompor sih travel mate gue, cuma ini termasuk gear yang gue punya. udah sering di pake cuma tetep!! consina paling oke.

10. Nesting

gue agak nyesel beli nesting ini, nestingnya ga ada di foto lagi di bawa juga sama travel mate gue, nestingnya murah cuma masa cepet banget lecet, huh mau gue ganti nesting next lah.

11. Headlamp

12. Gaiter JW

ini aja sih gear yang gue punya, ada juga jaket summit attack gue, cuma gue beli yang murah meriah

Kamis, 15 Mei 2014

Central Java? Ahhh... I'm in love with you!

"Berani ga de kamu pindah haluan buat ke merbabu?" Ini perbincangan dua hari sebelum kita berangkat, kita bingung harus berbelok arah atau ngak ke gunung merbabu, karena yang gue tau kita itu mau ke gunung prau. Di jawa tengah ada gunung Prau, Selamat, Sindoro, Sumbing, Merapi, Merbabu. Tinggal pilih tuh mau yang mana ?!!!

Keyakinan dalam hati gue terus di prau, maksud gue biar gue tau dulu gimana disana , soalnya gue masih belum faham jawa tengah. Biar travel mate gue ini guidein gue kesana. Seenggaknya gue jadi tau jalan deh. Buat explor selanjutnya gue bisa jalan sendiri.

Kenapa gue memilih prau?!

Di umur gue yang jalan ke 20 ini gue belum pernah sekalipun menjajakan kali di daerah sini . Emmm maksudnya I have never been to Dieng before! Jadi gue tuh mau explore Dieng juga makanya gue milih tempat ini.

Lo tau apa yang paling berharga dari perjalanan gue selama ini? Dan kali ini gue bener bener ngarasa kalo... This is the real Indonesia! Dieng itu di jawa tengah. Disini semua agama bercampur jadi satu di Negeri di atas awan! Orang disini ramahnya bukan main! Pedesaan masih kentel banget disini, gue pun merasa bangga bisa ngeluangin satu hari dari 365 hari yang gue punya di tahun 2014 ini untuk bercengkrama sama mereka.

Selepas turun dari prau, travel mate gue ini punya kenalan orang sana "kamu gimana de? Mau nginep disini apa home stay?" Gue memutuskan buat stay dirumah ini. Setelah bersih bersih solat dll gue langsung di kasih motor buat explore Dieng, baiknya orang sini saking percayanya sama kita, untung travel mate gue tau jalan.

Puas muter muter Dieng gue langsung balik dan ga lupa beliin mereka roti bakar dulu pas tadi di perjalanan. Karena itu udah magrib gue langsung ambil wudhu dan yang ternyata airnya?! Dingin gila!!!!!!!!!!!!! Sampe menggigil gue wudhu disana. Gue dan Travel mate gue saking ga mau rugi wudhu magrib di gabung sama wudhu Isya, walau yang punya rumah udah nungguin kita buat makan malam, baiknya ya sampe di buatin makan gitu. Kitanya masih duduk duduk gue pake mukena travel mate gue pake sarung haha

Haha lucu banget ya kita berdua duaan ngobrolin soal ini itu sambil nunggu isya.

Selesai solat kita langsung di ajak makan! Ini makanan the best! Di masak pake kayu bakar, menunya juga kikil sama sayur daun pepaya buatan asli ibunya mas Ato! Baik banget toh orang sini tanpa masang tarif mereka ikhlas ngelakuinnya buat kita.

Selepas itu seluruh keluarga kumpul gue kurang faham bahasa jawa, tapi gue manggut dan ketawa aja kalo memang gue fikir itu lucu haha, sebelum tidur kita ngobrol lagi sambil ngangetin badan

Sampe akhirnya gue ngeluarin sleeping bag dan bleeep! Gue ketiduran lagi ngobrol ngobrol!

Well... Kenapa gue cinta JawaTengah? Keramahan orang sana yang ga akan pernah gue lupain, bergabung dengan keluarga mereka itu sebuah kehormatan buat gue yg ga pernah hidup kaya gitu, rumah mereka ga ada ACnya, tapi sejuknya setiap saat!

Juga transport di JawaTengah yang. Gue fikir sebanding dengan jarak yang di tempuh! Ah JawaTengah cinta banget gue sama lo!